m.g.m.p kimia kab. kendal

Ikon

Chemistry, Key to the Earth

Mengesankannya Soal Kimia Ujian Nasional 2008, Salut Buat BSNP

Cukup mengagetkan ketika melihat respon siswa setelah selesai dan keluar dari ruang Ujian Nasional hari ini dan setelah ditanyakan tentang Ujian Nasioanl Kimia yang baru saja dilaluinya, mereka berkomentar bahwa soal sebenarnya tidak terlalu sulit tapi cukup membingungkan. Model penyajian soalnya berbeda dengan soal-soal Ebtanas dan soal-soal try out yang selama ini telah coba untuk di geluti dan dipelajari.

Setelah diperbolehkan membuka soal-soal tersebut, memang benar yang disampaikan oleh siswa bahwa memang model penyajian soal berbeda dengan soal ebtanas atau soal try out dan prediksi soal yang umumnya tertuju pada soal-soal kognitif dan mengukur kemampuan siswa dalam mengerjakan soal-soal hitungan.

Terlihat nyata sekali hal yang dapat dicermati dari soal-soal Ujian Nasional Kimia tahun 2008 ini adalah :

  1. Terdapatnya soal-soal dengan data (wacana) yang sama yang digunakan untuk mengerjakan beberapa soal sekaligus (Untuk paket A, Soal No 1 s.d. 3, Soal No 18 dan 19, Soal No 33 dan 34, Soal No 38 dan 39.
  2. Beberapa soal sangat kuat nuansa praktikumnya (Soal No 8, 9, 11, 14, 16, 30, 33, 34, 36.
  3. Paket Soal A (P14) dan Paket Soal B(P47) tidak ada perbedaan soal, yang ada hanyalah peletakan soal pada nomor soal yang berbeda.
  4. Perbandingan antara soal hafalan/pemahaman dengan soal hitungan sangat menonjol pada soal hafalan/pemahaman, ini berbeda dengan soal-soal Ebtanas yang pada umumnya lebih menitik beratkan pada soal-soal hitungan. Soal hitungan : Soal Nomor 5, 7, 10, 12, 27, 28, 30, 31, 34, 35, (10 soal atau 25%)
  5. Kecenderungan soal diarahkan pada soal-soal yang kontekstual, soal-soal yang ada hubungannya dengan keseharian dan kimia praktis dalam kehidupan., Soal No : 6, 7, 16, 23, 24, 25, 27, 32, 38, 39, 40
  6. Kekuatan soal adalah pada penguasaan konsep bukan pada kemampuan melakukan perhitungan matematis, bahkan terkesan perhitungan yang muncul adalah perhitungan-perhitungan sederhana.

Kondisi sedemikian sepertinya menjadikan kaget kepada para siswa yang selama ini sudah dipersiapkan untuk mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan cukup tinggi justru pada mekanisme perhitungan. Sehingga terkesan siswa tidak dapat mengerjakan soal-soal tersebut dengan mantap.

Terlepas dari hasil yang akan muncul pada Ujian Nasional tahun ini sepertinya model soal sedemikian akan membawa dampak postif sebagai berikut :

  1. Guru Mata Pelajaran
    • Guru akan lebih menekankan pada penguasaan konsep, bukan pada prosedur pengerjaan soal.
    • Guru akan terdorong untuk lebih memfokuskan metode pembelajaran pada perolehan pengetahuan dengan menggunakan Laboratorium.
    • Guru akan terdorong untuk menggali informasi kontensktual yang berhubungan dengan konsep yang sedang diajarkan.
  2. Siswa
    • Siswa akan belajar dengan lebih komprehensif dengan menguasai konsep secara utuh.
    • Siswa akan terdorong untuk melakukan praktikum di sekolah dengan lebih serius dan menghubungkannya dengan konsep yang berhubungan dengan kompetensi yang sedang diajarkan.
    • Siswa akan lebih memahami peran kimia dalam kehiduapan sehari-hari.
  3. Lembaga (Sekolah)
    • Sekolah akan lebih memfasilitasi guru dan siswa dalam melakukan kegiatan laboratorium.
    • Sekolah akan lebih memberikan sarana dan prasarana eksplorasi informasi dengan lebih baik, seperti internet dan media media yang lain.
    • Proses penyiapan UN Tahun berikutnya akan lebih baik menyesuaikan dengan model soal yang keluar pada tahun ini.

Filed under: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: